Archive for Februari 5th, 2009

Musik Indonesia bukan untuk idealis

Musik di Indonesia khusus untuk cari uang dan kenyamanan telinga, kalo soal kreatifitas dan improvisasi musik, Indonesia belum siap. Dari dulu musik mendayu-dayu ditambah lirik yang menyayat, puitis dan menyentuh hati laris manis. Coba aja band-band baru yang mencoba jenis musik yang berbeda dan mengikuti perkembangan musik luar negeri, bongko alias mati bung. Kalo uda sekelas Dhani dan Republiknya, bikin musik apa aja, lancar. Wong uda punya massa dewe. Orang tau Dhani ya sedikit banyak dengerin musiknya, “apa lagi yang di buat dewanya Dewa itu ya?”. Tapi kalo kamu, ikut Malaysiaan aja deh. Musik gitu gak perlu cakep, lihat aja Kangen Band ma Hijau Daun, sama-sama pemain Ludruk kan? Tapi Borju deh sekarang.

Bioskop kok ngulang terus

Beberapa waktu yang lalu, ketika saya ditannya program TV yang paling digemari, saya pasti menjawab “BIOSKOP TRANS TV”. Tapi sekarang kalo pertanyaan itu tertuju lage pada saya, saya butuh waktu berfikir kale. Kenapa dengan acara kesukaan saya tersebut? Ya gimana gak ditinggal pemirsa, lihat acara tersebut kaya ambil mata kuliah kalkulus di kampus saya, maksudnya? Ngulang terus sampai 7 kale. Namanya juga Trans TV, ya kaya bus trans Jakarta, muter aja tiap hari.

Stasiun TV kok latah

Latah ternyata bukan ciri khas mpok Atik aja, stasiun televisi pun ikut tertular penyakit ini. Gak Cuma sekarang aja, dari dulu fenomena ini sudah saya lihat. Ingat saat maraknya acara mistis di stasiun TV, gak sampai 1 bulan semua stasiun punya deh acara sejenis. Disambung dengan acara sinetron islami yang menceritakan azab manusia, acara reality show yang ngerjain orang, hingga sekarang acara musik ikut-ikutan dikemas hampir sama. Sampai-sampai sebuah stasiun TV yang mengklai sebuah stasiun yang paling beda, terjangkit juga. Mungkin ide dan kreatifitas manusia ada batasnya atau kecenderungan manusia sukanya menjiplak?