Target (X3)

Rumus : X3 = X2 = X1

X2 = 3X3

X1 = 2X3 + X2

Keterangan : X3 = Target; X2 = Prospect; X1 = Presentasi

Presentasi maksimal sesuai dengan metode kemarketingan (point selanjutnya) 20 orang kemungkinan besar mendapatkan 12 orang prospect yang akan menghasilkan 4 orang mendaftar.

Metode kemarketingan dan apa yang harus dilakukan seorang marketing pemula

  • Tekankan pada pikiran anda bahwa product atau jasa anda sangat dibutuhkan pasar dengan mencari celah informasi bahwa product atau jasa anda most wanted saat ini, jadi jaga wibawa, prestise dan sampaikan dengan pola penawaran informasi.
  • Tambah wawasan, intellectual, ide kemarketingan, pangsa pasar dan peluang melaui buku-buku surat kabar, TV, radio dan apa saja yang mampu menunjang motivasi kemarketingan.


  • Pelajari selalu psychology, emosi dan bahasa tubuh orang lain terutama calon customer kita guna menunjang kesuksesan pemasaran.
  • Pandai mengolah kata tapi bukan berbohong dengan tujuan membuat calon customer merasa dan memandang bahwa jasa pendidikan yang kita tawarkan adalah satu-satunya yang ada, yang terbaik, yang sangat mereka butuhkan dan hanya saat itulah satu-satunya kesempatan mereka mendaftar.
  • Pandai membuat penawaran menjadi sesuatu hal yang menarik untuk didengar, diperhatikan dan dipelajari bagi calon customer sehingga ketika penawaran telah selesai calon customer menjadi terkesan dan ingin mendaftar.
  • Mampu mengalahkan rasa malu dan gugup dalam mencari customer.
  • Pelajari competitor dengan pura-pura menjadi calon customer mereka dengan tujuan kita mampu membandingkan kelebihan maupun kelemahan LPIA Surabaya Moestopo dengan competitor.
  • Sampaikan kepada calon customer mengenai kelebihan-kelebihan perusahaan anda  yang kemungkinan tidak dipunyai oleh competitor dan sebisa mungkin tutupi kelemahan-kelemahan kita.
  • Buat diskon pada pangsa pasar atau waktu-waktu tertentu jika diperlukan dengan catatan masih memperoleh keuntungan > 50%.
  • Buat event yang menarik tertentu jika diperlukan
  • Berikan hadiah atau bonus untuk menarik calon customer.
  • Berikan trial atu uji coba product atau jasa jika diperlukan
  • Buat jaringan disetiap sekolah, universitas / institute maupun instansi guna memperluas pemasaran
  • Berani spekulasi.
  • Buat kerjasama dengan tempat wisata, café dan sebagainya.
  • Pelajari pangsa pasar dimana anda memasarkan dan gunakan metode yang cocok.